PHBM dan Pemberdayaan Masyarakat

images/content_phbm.gif

Hutan bukan saja sekedar tegakan kayu, akan tetapi ia menjadi bagian dari sistem hidup dan penghidupan masyarakat. Sumber daya hutan berguna sebagai penyedia bahan-bahan kebutuhan dasar mereka seperti pangan, sandang, papan, obat-obatan, pendapatan keluarga, hubungan religi, ketentraman dan berbagai kebutuhan lainnya. Selain itu, sumber daya hutan juga merupakan bagian dari media ekspresi ilmu pengetahuan dan teknologi lokal, politik, budaya serta hidup dan kehidupan yang sudah berlangsung sejak zaman dahulu kala.

 

Namun sayangnya, pada masa orde baru, pengelolaan hutan dipegang langsung oleh pemerintah pusat, sehingga masyarakat tersingkir dari hutannya.  WARSI memalui Program Pengelolaan Hutan Berbasis Masyarakat hadir untuk mendorong mendukung perluasan wilayah hutan yang dikelola di bawah izin formal dari pemerintah serta mendorong pengakuan dan pelindungan terhadap pola-pola pengelolaan hutan tradisional yang sudah berjalan.


Kelompok penerima manfaat  kelompok masyarakat desa yang ingin mengelola hutan secara berkelanjutan dan tinggal di dalam dan sekitar kawasan hutan produksi dan lindung, kelompok masyarakat yang sudah mengelola hutan sesuai pola-pola tradisional.


Pendekatan: Tujuan ini akan dicapai melalui tiga pola pendekatan di lapangan yaitu, (1) WARSI memfasilitasi langsung menggunakan sumber daya sendiri; (2) WARSI bermitra dengan LSM setempat dan membagi peran; (3) WARSI memberikan bantuan teknis kepada LSM lain yang melakukan fasilitasi. Selain di lapangan, WARSI akan melakukan advokasi kebijakan bersama-sama lembaga lain yang berkepentingan.

 

*)PHBM = Pengelolaan Hutan Berbasis Masyarakat





Related Content:
 
TULIS KOMENTAR:
 
     
  Tanggal:  
  Nama:  
  Email:  
  Komentar:  
  =  



KOMENTAR :


  • 2017-03-14 - mita elvina
    Slamat pagi bapk/ibu dr warsi..saya mita dr kab sarolangun...saya bertugas pd pberdayaan masyarakat dibidang sanitasi khususnya perubahan perilaku stop buang air besar sembarangan.saya ingin bkerjasama warsi dan minta dukungan utk perubahan perilaku stop buang air besar sembarangan pada suku anak dalam.apakah ada kontak person yang bisa saya dihubungi untuk bisa bkerjasama? Trimakasih..

  • 2016-06-13 - Yoga
    Salam, saya tertarik untuk bisa memfasilitasi pendidikan orang rimba, bagaimana caranya? Tolong kirimi saya email ke yogadoremi@gmail.com Terimakasih.