Orang Rimba

images/content_suku_suku_orang_rimba.gif

Orang rimba adalah sebutan lain yang digunakan oleh Orang Kubu untuk menamakan dirinya. Penggunaan istilah Orang Rimba didasarkan pada pola kehidupan yang dilakukan sejak nenek moyang mereka yang sangat tergantung dengan hutan dan hasil-hasil hutan atau oleh pemerintah disebut dengan istilah Suku Anak Dalam (SAD), sebuah konsep lain yang menggambarkan kehidupan Orang Rimba di dalam hutan.


Hidup dengan meramu dan berburu hasil hutan dalam kelompok-kelompok kecil. Penamaan kelompok mengacu pada anak-anak sungai tempat kelompok tinggal. Orang Rimba hingga kini sebagian besar masih menganut pola hidup semi nomadik. Mereka akan berpindah tempat ketika ada kematian anggota keluarganya, yang dikenal dengan istilah melangun. Lamanya masa melangun tergantung dengan perasaan sedih yang di hati anggota kelompok yang ditinggalkan.


Secara garis besar wilayah penghidupan Orang Rimba bisa di bagi tiga kawasan besar, yaitu sepanjang jalan lintas Sumatera, Bukit Duabelas dan Selatan Bukit Tigapuluh. Kegiatan utama yang dilakukan WARSI bersama Orang Rimba adalah advokasi ruang hidup Orang Rimba, memfasilitasi layanan pendidikan berupa baca tulis dan hitung di tingkat dasar. Kemudian menjembatani Orang Rimba ke jenjang pendidikan formal.


Hilangnya hutan juga berimplikasi pada angka kesakitan dan kematian Orang Rimba, untuk itulah sejak lama WARSI memberikan layanan kesehatan dasar dan menjembatani Orang Rimba ke layanan kesehatan publik, sekaligus mengadvokasikan supaya Orang Rimba bisa mengakses layanan kesehatan gratis.


WARSI juga bersama Orang Rimba melakukan kegiatan untuk menopang perekonomian mereka. Disadari bahwa kerusakan hutan yang sudah sangat parah, akan menyulitkan orang rimba masa datang untuk bertahan hidup untuk itulah perlu adanya pendampingan supaya Orang Rimba memiliki sumber perekonomian baru.






Related Content:
 
TULIS KOMENTAR:
 
     
  Tanggal:  
  Nama:  
  Email:  
  Komentar:  
  =  



KOMENTAR :


  • 2017-07-14 - harissa suristina

    assalamualaikum saya mau bertanya bagaimana caranya menjadi relawan untuk mengajar orang rimba? terimakasih.