NEWS RELEASE:

Restorasi Ekosistem

Solusi Atasi Hancurnya Hutan Sumatera

Restorasi Ekosistem diharapkan bisa menjadi solusi alternatif dalam mengatasi hancurnya hutan Sumatera saat ini. Upaya ini harus segera dilakukan karena hutan dataran rendah Sumatera kini diperkirakan hanya tinggal 650.000 ha. Demikian diungkapkan oleh Yusuf Cahyadin Koordinator Insiatif Sumetera Birdlife Indonesia, pada Ekspedisi Media di kawasan yang akan dijadikan area restorasi ekosistem, Minggu (4/12 ), yang difasilitasi Komunitas Konservasi Indonesia (KKI) Warsi.

Sementara dalam kesempatan terpisah, di acara lokakarya: Penyelamatan DAS Batanghari, Rabu (8/12), Menteri Kehutanan Malam Sambat Ka?ban juga menyatakan dukungannya terhadap program ini.

?Saya dan pemerintah Indonesia sangat mendukung upaya ini. Karena program ini jelas untuk menyelamatkan hutan dan ekosistem kawasan tersebut. Apalagi selama ini yang lebih perhatian terhadap nasib hutan di Indonesia adalah pihak luar. Dan kami akan memberikan kesempatan kepada pihak yang berminat untuk juga berkomitmen,? jelasnya seraya menambahkan bahwa ada prosedur dan peraturan yang harus dilakukan pada pihak-pihak yang akan mengelola.

Kawasan yang akan direstorasi tersebut terletak di hutan yang sebagian besar terdapat di wilayah Kabupaten Musi Banyuasin (Sumsel) dan Kabupaten Batanghari (Jambi) dengan luas kurang lebih 101,355 ha. Menurut Cahyadin ini akan menjadi sistem pengelolaan hutan yang sangat baru dan pertama di Indonesia.

?Kawasan ini hampir 35% dari luas keseluruhannya nyaris punah. Padahal di hutan ini keanekaragaman hayatinya sangat tinggi. Karena itu satu juta anggota kami termasuk Pangeran Charles dari Kerajaan Inggris, mendukung penuh insiatif restorasi ekosistem yang diharapkan bisa menyelamatkan hutan dataran rendah yang masih tersisa di Sumatera,? demikian diungkapkan Ketua Program Global Royal Society for Protection of Birdlife (RSPB), Dieter Hoffman, yang ikut memandu para wartawan ekspedisi media di kawasan itu.

Dieter juga menambahkan, Pengelola...baca selanjutnya...


news/2005/News_200512_Restorasi4.jpg



 
TULIS KOMENTAR:
 
     
  Tanggal:  
  Nama:  
  Email:  
  Komentar:  
  =