NEWS RELEASE:

Perhutanan Sosial di Jambi Terealisasi 105 Ribu Hektar

news/2017/News_201708_Pengembangan_Usaha_Berbasis_Produk_Unggulan_Lokal1.jpg

Direktur Kemitraan Lingkungan PSKL, Erna Rosdiana mengapresiasi progresifitas kegiatan perhutanan sosial atau pengelolaan hutan berbasis masyarakat (PHBM) di Provinsi Jambi. Dalam Peta Indikatif Arahan Perhutanan Sosial (PIAPS) terdapat 368 ribu hektar yang bisa dikelola oleh masyarakat di Jambi. Hingga saat ini yang terealisasi sudah mencapai 105 ribu hektar atau sudah hampir 30 persen. Ini sangat menggembirakan dan memperlihatkan trend pengelolaan hutan oleh masyarakat yang semakin meningkat.

“Pada periode pemerintahan yang sekarang ini kita mendapat tempat yang baik untuk memfasilitasi dan mendorong perhutanan sosial demi mensejahterakan masyarakat. Karena pengembangan perhutanan sosial tidak parsial lagi, namun sudah terintegrasi dengan lembaga-lembaga lainnya,” ungkap Erna Rosdiana saat menghadiri Lokakarya dan Pelatihan Pengembangan Usaha Berbasis Potensi Unggulan Lokal bagi Kelompok Pengelola PHBM di Hotel Rumah Kito, Kota Jambi, kemarin (28/8).

Menurut dia, capaian hingga 30 persen tersebut sangat menggembirakan dan ke depan perlu ditingkatkan kembali. Yaitu dengan melakukan peningkatan sumber daya manusia yang akan mengembangkan perhutanan sosial di Jambi. “Saya lihat perhutanan sosial di Jambi sangat progresif. Dan WARSI punya kiprah di sini. Dalam perhutanan sosial ini, kita harus menanam dulu yang banyak, dan panen kemudian, maka pasti hutannya akan lestari. Harapannya semoga melalui perhutanan sosial ini kita akan menjadi negara yang besar. Dan itu bisa dimulai dari jambi,” ujarnya.

Usaha Berbasis Produk Unggulan Lokal

Pasca mendapatkan izin perhutanan sosial atau PHBM, tantangan berikutnya adalah bagaimana mewujudkan peningkatan kesejahteraan masyarakat dengan tetap mempertimbangkan kelestarian kawasan. Setelah mengantongi izin, masyarakat melalui lembaga pengelola seharusnya sudah bisa memanfaatkan kawasan. Langkah pertama dalam pemanfaatannya adalah melakukan penyusunan dan menetapkan rencana pengelolaan dengan men...baca selanjutnya...


news/2017/News_201708_Pengembangan_Usaha_Berbasis_Produk_Unggulan_Lokal2.jpg news/2017/News_201708_Pengembangan_Usaha_Berbasis_Produk_Unggulan_Lokal3.jpg news/2017/News_201708_Pengembangan_Usaha_Berbasis_Produk_Unggulan_Lokal4.jpg




Berita terkait:
 
TULIS KOMENTAR:
 
     
  Tanggal:  
  Nama:  
  Email:  
  Komentar:  
  =