NEWS RELEASE:

Menelisik bentrok Orang Rimba di Mentawak

news/2017/News_201708_Menelisik_bentrok_Orang_Rimba_di_Mentawak1.jpg

Isu itu langsung merebak dan sampai ke telinga Bujang Keriting yang sekarang sudah berusia sekitar 35 tahun. Tentu saja dia tidak terima dengan tudingan itu. Bujang pinggir mengadu ke orang rimba lainnya yaitu kelompok Jang dan tiga tumenggung lainnya. Mereka bermaksud menemui Tumenggung Ngepas untuk mempertanyakan isu yang kadung menyakitkan tersebut. Dalam pertemuan itu kelompok Ngepas berkukuh tidak ada mereka menyebarkan itu itu, bahkan sampai menyebutkan bahwa mereka rela berperang dari pada harus mengaku. Pertemuan itu usai tanpa ada kejelasan.

Untuk berjaga-jaga, Ngepas akhirnya menghubungi kelompok Orang Rimba lainnya yaitu Tumenggung Roni dan Jamal. Kelompok Orang Rimba ini tersebar di Merangin hingga Dharmasraya Sumatera Barat. Awalnya mau membicarakan lagi masalah itu, sehingga bisa tercapai perdamaian antar kelompok. Sementara rombong Jang yang mengetahui ada mobilisasi Orang Rimba lainnya, tersulut emosi. Diikutinya rombong tersebut hingga sampai ke tempat Jon di Mentawak, sehingga terjadilah keributan. Perang batu dan penggunaan senjata tajampun terjadi, terdapat dua korban luka serius dari kejadian ini.

Untuk meredam semakin meluasnya kejadian ini, aparat keamanan juga turun mengamankan lokasi dan Orang Rimba yang bertikai di bawa ke kantor Dinsosdukcapil Merangin. Melibatkan polres dan pihak terkait, di carilah solusi untuk mencegah terulangnya bentrok. Lama berunding dan diambil keputusan untuk bersama semua kelompok, bahwa yang terjadi adalah murni kesalahpahaman dan pihak yang melempar isu juga sudah mengakui kesalahan. Di akhir kesepakatan damai pihak yang menderita luka, pihak yang diserang dan pihak yang dirugikan nama baiknya mendapatkan timbang rasa dari Dinas sosial masing-masing Rp 500.000 .

Selesaikan masalahnya?

Untuk menelusurinya, perlu dilihat silsilah orang rimba yang terlibat pertikaian. Secara garis besarnya di Merangin ada empat rumpun kelompok Orang Rimba. Rumpun kelompok yang pertama ad...baca selanjutnya...


news/2017/News_201708_Menelisik_bentrok_Orang_Rimba_di_Mentawak2.jpg



 
TULIS KOMENTAR:
 
     
  Tanggal:  
  Nama:  
  Email:  
  Komentar:  
  =